Kutukan Bystander Effect

yey akhirnya nulis sesuatu tentang psikologi wkwk
udah terbit di selasar.com :) 
KUTUKAN “BYSTANDER EFFECT

Dian Fhaatma Thaib

Mahasiswa Psikologi UI 2015



APA ITU BYSTANDER EFFECT?

Bystander effect adalah istilah yang tidak lazim didengar di kalangan masyarakat umum, namun menjadi salah satu bahasan penting di ranah psikologi sosial. Bystander effect adalah sebuah fenomena sosial di mana semakin banyaknya saksi atau “penonton” dari sebuah kejadian darurat membuat orang-orang memilih untuk mengabaikan atau tidak menolong korban dari situasi darurat tersebut (Ronson, Wilson, and Akert, 2004).



BAGAIMANA FENOMENA INI TERJADI?

Tragedi kematian Kitty Genovese pada tahun 1964, menjadi awal mencuatnya istilah yang juga dikenal dengan nama Genovese Syndrome ini. Kematian Kitty Genovense (28 tahun) kala itu menjadi fenomenal karena pembunuhan yang ia alami diakui diketahui oleh sejumlah orang di sekitar tempat kejadian perkara (TKP), namun tidak ada satupun orang yang menolong Kitty saat itu. 


“Tragedi ini terjadi kira-kira pukul 3 dini hari. Saat itu, Kitty Genovese (28 tahun) yang baru pulang dari tempat kerjanya sedang berjalan menuju apartemennya dari tempat parkir mobil yang kira-kira berjarak 100m. Merasa diikuti oleh seseorang, Kitty mulai berlari dan sempat mendekati gedung apartemennya, tetapi terlambat karena Winston Moseley (yang diidentifikasi sebagai orang yang melakukan penyerangan terhadap Kitty), berhasil menyergapnya dan menusuknya dua kali dari belakang. Winston kemudian melarikan diri, meninggalkan Kitty yang kesakitan berusaha untuk mencapai pintu belakang apartemennya yang ternyata terkunci. Winston kembali 10 menit kemudian, menusuk Kitty beberapa kali, memerkosanya dan merampoknya, kemudian meninggalkannya sekarat di pintu belakang apartemen.


Setelah diusut lebih jauh oleh polisi, diketahui bahwa ada sekitar 12 tetangga yang menyadari jeritan Kitty. 
... Selengkapnya di :  https://www.selasar.com/jurnal/34010/Kutukan-Bystander-Effect

“Different people, with different action. But,the most important thing is keep taking an action”
-Bill Stanton


Hal ini dapat dilihat pada vidio eksperimen bystander effect 
berikut : https://www.youtube.com/watch?v=OSsPfbup0ac&feature=youtu.be

Sumber Bacaan :

Aronson, Wilson, and Akert, (2004). Pengertian Bystander Effect. http://www.nyoozee.com/wawasan/pojok-psikologi-the-bystander-effect/.  (Diambil 28 Oktober 2016)

Burkley, Melissa (2009). Why Don’t We Help? Less Is More, at Least When It Comes to Bystanders. https://www.psychologytoday.com/blog/the-social-thinker/200911/why-don-t-we-help-less-is-more-least-when-it-comes-bystanders. (Diambil 28 Oktober 2016)


Sumber Video :


Vidio Eksperiment Bystander Effect : The Bystander effect https://www.youtube.com/watch?v=OSsPfbup0ac&feature=youtu.be (Ditonton 27 Oktober 2016

Komentar