Pelabuhan Cinta

Bus Pulang


[Diamanakah Cinta Kita akan Berlabuh?]

Kalau kata radiogalau FM, ada dua kesalahan pada cinta. Pertama, cinta datang disaat yang tidak tepat, namun membawa orang yang tepat. Kedua, cinta datang disaat yang tepat, tapi membawa orang yang salah. Ya, dan quotes itu menjadi amat masyur karena dianggap mampu mewakili perasaan remaja di masa itu.

Lucunya lagi, kita lazimnya akan mencintai hal yang amat sukar mencintai balik, dan menjadi sulit mencintai hal yang jelas sudah lebih dulu mencintai kita *lalu caption ini jadi sedikit menggelikan karena terlalu banyak kata cinta di dalamnya*. Selayaknya kita kepada dunia, dan alam setelah dunia terhadap kita.

Tidak perlu lah kiranya kita tanyakan, seberapa cinta kita terhadap dunia. Namun, "seberapa cinta dunia terhadap kita?", agaknya akan jadi salah satu pertanyaan dengan jawaban paling menyakitkan sepanjang masa (?).

Ya, dunia pada akhirnya akan mencampakkan kita pada suatu masa, ditengah ketidakberdayaan dan ketidakpunyaan, pada sebatang nisan dan selembar tanah di lahan pemakaman. Itulah, saat keberadaan kita mulai terlupakan, dan upaya kita mengejarnya jadi suatu kehampaan.

Berbeda dengan alam setelah dunia, ia menanti kita dengan sabar, mengingat kita hingga detail terkecil, bahkan sebelum kita sempat bersamanya. Menyediakan segala kenikmatan yang kita impikan, tanpa syarat yg menyusahkan.

Tentu dunia terlalu menggoda untuk dilupakan begitu saja, tapi sebagai seorang pembelajar yang telah mengalami jatuh bangun soal-menyoal percintaan. Mungkin tidak ada salahnya jika kita mulai mencoba, "mencintai hal yang juga mencintai kita" (menjadi orang dan waktu yang tepat sekaligus). Menyisakan sedikit kenangan manis, perilaku santun dan budi baik bukan lagi untuk mengejarnya, melainkan sebagai upaya terbaik untuk kelak meninggalkannya dengan bersahaja

Tunggu, jangan labuhkan dulu, dermaga kita ada diujung samudra.

Meski amat implisit, KS KIK, 5 Oktober, 2017.
#rumahkepemimpinan
#knowladgesharing

(Repost Instagram, 6 Oktober 2017)

Komentar