A Picture Worth a Thousand Words

Monev MM6-Januari 2018

Tahun 1921 bolehlah kiranya kita nobatkan sebagai salah satu tahun dimana 'revolusi gambar' terjadi. Hermann Rorschach, seorang psikiater berusia 36 tahun kelahiran Swiss, secara resmi mengeluarkan monographnya yang berjudul 'psychodiagnostic' pada tahun tersebut. Monograph berisi satu seri berisi 10 kartu hasil bercak tinta terpilih (dari ratusan bercak tinta yang ia uji) yang menjadi penelitiannya selama 10 tahun bekerja di rumah sakit saat menangani pasien yang sebagian besar terkena masalah kejiwaan. Sepuluh kartu ini kemudian dikenal sebagai 'tes Rorschach'.
 
Tes Rorschach menerobos aspek-aspek yang belum pernah dijangkau dalam penelitian bercak tinta (inkblot) lainnya, dan memberi sumbangsih pada awal pengembangan tes proyeksi dalam dunia psikologi. Dalam tes ini klien diminta untuk memberitahukan apa yang pertama kali mereka pikirkan saat melihat gambar tersebut. Hasil jawaban inilah yang kemudian dianalisis untuk membantu diagnosis klien. Meskipun banyak terdapat kritik, tes ini masih terus digunakan sampai saat ini. Penggunaannya meluas mulai dari kepentingan terapi, studi kepribadian, hingga seleksi masuk militer dan bekerja di industri.
 
Meskipun meninggal 1 tahun setelah penemuan fenomenalnya ini, hasil penelitian Rorschach terus dikembangkan. Pada tahun 1948 Rorschach Institute berubah menjadi The Society for Projective Technique, yang menerbitkan TAT (Thematic Apperception Test) dan tes proyektif lainnya. Tes TAT menjadi inovasi berikutnya yang dikembangkan Morgan dan Murray dua orang psikolog lulusan Universitas Harvard. Pada Tes TAT klien diminta menceritakan isi dari gambar yang mereka lihat, sesuai dengan interpretasi sang klien
 
TAT merupakan salah satu test yang paling baik dalam mengungkapkan konflik dan kepribadian individu. Namun demikian, skoring dan interpretasi dari TAT membutuhkan pengalaman yang tinggi, karena cenderung subjektif dan memiliki banyak aspek untuk dinilai.
 
Well, kalau dari gambar yang super absurd aja bisa membantu melihat bagaimana kepribadian seseorang, gimana dengan komen-komen tubir bin nyinyir kita yang selama ini menuhin timeline yaa? Wkwk
 
#letschange
Dari Monev Mari Mengajar 6 Forkoma UI Banten, Januari 2017. 
Dokumentasi monev MM6- Tes Rorschach- Tes TAT
 
(Repost Instagram 7 Februari 2018)







Komentar