Cluster NGO : Soal perubahan dan Harga

 
After Shering Session with Cluster NGO Squad


[Kita gak bisa ngubah dunia, tapi kita bisa dapat harga spesial mahasiswa]

Apa yang bisa kita ubah dari dunia?

Manusia memang suka berekspektasi, kita kira kita bisa mengubah dunia, tapi sayangnya itu cuma ekspektasi yang terlalu mengada-ada. Ya, karena terima, tidak terima, yang bisa kita ubah hanya, kita : diri kita dengan tambahan skil dan kemampuan. "Tapi, dengan mengubah diri sendiri, ada peluang agar keajaiban dapat terjadi". Kata si abang yang kalau ngeliat gaya nyelenehnya, akan sulit percaya kalau NGO sekelas Unicef udah jadi mainan sehari-harinya.

Maka, dalam membuat planing karir masa depan, ketimbang memikirkan tahun segini jadi ini, jadi itu, mungkin akan lebih rasional kalau kita membuat jenjang kualifikasi skill. Dititik apa udah bisa apa, di momen apa skill nya udah ningkat sejauh apa, dan yang semacamnya. Ditengah kegilaan dunia ini, pernyataan si abang tiba-tiba jadi masuk akal. Yeu, karena kita gak bisa mastiin apa yang terjadi di depan, penempatan kerja antah berantah, gaji gak jelas, politik dimana-mana, suami strik gak izinin ini itu *eh yang ini kalau bisa jangan sampe sih bang wwk*, lagi, kita cuma bisa mastiin "diri kita" sebagai peluang yang paling nyata.

"Tapi, kalian beruntung sempat berstatus mahasiswa", "kenapa bang?", "karena ada harga spesial untuk mahasiswa". Mahasiswa dengan keidealisan mereka masih cukup menggiurkan untuk orang-orang pintar yang ingin berbagi diluar sana. Semua bisa lebih murah kalau kalian masih berstatus mahasiswa. Boleh nanya-nanya ini, itu. Gratis pelatihan ini, itu. Disponsorin ini, itu. "Ini, itu nya kalian masih dimaklumi dan difasilitasi".

Termasuk urusan mentor, sayangnya lagi, ada ilmu yang turunnya karena usia. Jadi, kalau mau cepat berubah, ambilah jalan pintas dengan punya mentor, lagi-lagi ini makin mudah kalau kalian "mahasiswa".

Dan sesi pagi ini pun berakhir dengan penyadaran, "kalau kita memang tidak bisa mengubah dunia, tapi selalu ada harga spesial buat mahasiswa yang mau berprogres mengubah dirinya * dengan harapan untung-untung nanti bisa ngubah dunia meski amat perlahan".

Meski agak random, KS, 30/09/2017
Bang Adnan, Cluster NGO
Rumah Kepemimpinan.
#rumahkepemimpinan

Komentar

Postingan Populer